Disaster Management Plan

Latar Belakang:

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis (UU 24/2007).

Dampak Bencana:
a. Korban meninggal dunia
b. Korban luka
c. Kerusakan properti dan harta benda
d. Kerusakan lahan, hewan dan tanaman
e. Hilangnya produksi
f. Hilangnya penghidupan/mata pencaharian
g. Hilangnya pelayanan publik
h. Kerusakan prasarana dan infrastrukutur
i. Kerugian ekonomio
j. Dampak sosial dan psikososial

Untuk itu diperlukan strategi suatu organisasi atau unit kerja yang ditunjuk untuk mengelola suatu keadaan darurat dan bencana yang mungkin terjadi secara sistematis, terkoordinasi dan terlatih melalui pelatihan dister management plan ini. Dimana keluaran dari pelatihan ini adalah peserta dapat memahami dam membuat perencanaan yang terbaik namun juga harus bersiap menghadapi kondisi terburuk yang mungkin terjadi (Plan for the best, but prepared for the worst).

Sasaran peserta:

Para perencana dan pelaksana aksi tanggap darurat yang ada disuatu organisasi seperti BNPB, Rumah Sakit, Pemda, Perusahaan, Hotel, Pabrik, Safety Manager, Ketua tim Tanggap Darurat, Damkar, dan personil terkait lainnya.

Rundown Pelatihan: