Training Audit Energi dan Penyusunan Program Hemat Energi

LATAR BELAKANG

Aktivitas sehari-hari dan produksi di perusahaan tidak dapat terlepas dari penggunaan energi. Kenaikan harga energi yang terus terjadi akan berdampak langsung pada biaya produksi, apalagi di banyak industri biaya energi rutin mengambil porsi yang terbilang besar dibandingkan biaya-biaya lainnya. Selain itu adanya biaya tambahan pada beban puncak jika melebihi maksimum daya yang dibutuhkan, memerlukan perhatian khusus agar penggunaan energi efisien.

Di samping itu, intensitas penggunaan energi yang tinggi, juga akan menambah jumlah emisi dari proses produksi yang berpotensi menimbulkan pencemaran udara dan perubahan iklim. Hal ini tentu akan menjadi sorotan negatif terhadap perusahaan karena semakin tingginya tekanan bagi perusahaan terkait isu-isu lingkungan baik lokal maupun global.

Dengan adanya isu biaya energi dan pengaruh terhadap emisi, udara ambien dan perubahan iklim, maka penting bagi organisasi di Indonesia untuk menerapkan sistem manajemen energi. Dengan penerapan sistem tersebut maka upaya efisiensi energi dapat membuahkan hasil yang optimal. Menerapkan sistem ini berarti seluruh elemen organisasi harus peduli dan berperan dalam manajemen energi. Perusahaan juga harus membuat program efisiensi energi yang berdasarkan hasil audit energi dan kebijakan yang telah ditetapkan.

Hasil program efisiensi energi diperiksa untuk mengetahui tingkat pencapain target dan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan. Selanjutnya langkah yang dilakukan adalah evaluasi program dan tindak lanjut perbaikan program di masa datang. Bila ini dilakukan secara terus-menerus akan diperoleh manfaat yang besar bagi perusahaan baik dari sisi penghematan biaya ekonomis, perbaikan sistem kerja, budaya kerja perusahaan dan ramah lingkungan.

Perusahaan yang berhasil menerapkan efisensi energi harus didukung oleh kompetensi sumber daya yang memadai. Kompetensi yang dibutuhkan adalah pemahaman audit energi dan implementasi program mapun sistem manajemen energi . Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kompetensi tersebut.

TUJUAN TRAINING :

  1. Peserta memahami peraturan efisiensi energi dan prinsip sistem manajemen energi
  2. Peserta memahami metode audit energi untuk bangunan dan fasilitas produksi
  3. Peserta mampu mengenali potensi penghematan energi dan membuat penghematan energi

MATERI TRAINING

  1. Kebijakan efisiensi energi di Indonesia
  2. Prinsip Sistem Manajemen Energi ISO 50001 : 2011
  3. Audit Energi untuk Bangungan Gedung
  4. Peluang Efisiensi Energi Bangungan Gedung
  5. Audit energi untuk Sistem Fasilitas Produksi
  6. Peluang Efisiensi Energi untuk Fasilitas Produksi
  7. Menyusun program efisiensi energi
  8. Menjaga keberlangsungan program efisiensi energi.

METODE PELATIHAN
Presentasi
Diskusi
Latihan

LAMA TRAINING :

3 hari

FASILITAS:

  1. Modul Training
  2. Sertifikat
  3. Training Kit
  4. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  5. Makan siang dan Coffee Break
  6. Souvenir

Download

Related Articles

Inquiry