Hazard and Operability Study

Hazard dan Operability Study, atau dikenal sebagai analisis HAZOP adalah teknik standar yang digunakan dalam penyusunan pembentukan keamanan di sistem baru atau modifikasi kehadiran potensi bahaya atau masalah pengoperasiannya dengan mengidentifikasi dan mengevaluasi bahaya dalam proses yang direncanakan atau yang sudah ada dan operasi dengan cara yang paling efektif, ekonomi dan tepat waktu ketika semua pertimbangan dan kendala yang relevan diperhitungkan. HAZOP dapat digunakan secara bersamaan dalam proses identiflkasi bahaya dan juga pada sistem operasi secara continyu.

HAZOP juga telah terbukti memberikan keuntungan finansial kepada pemilik pabrik/operator dengan meminimalkan waktu dan sumberdaya yang dihabiskan dalam menerapkan pengendalian tambahan dan juga keamanan sistem.

Agar efektif, HAZOP harus dijalankan secara sistematis, rinci dan dilakukan oleh tim yang seimbang dengan pemimpin yang berpengalaman. Penerapan ini harus memperhatikan 4 langkah yang digambarkan sebagai berikut:

Tujuan:

Untuk melakukan analisis risiko internal dan eksternal. Ini akan memberikan manajemen dengan informasi dari mana dan bagaimana potensi bahaya yang tidak diinginkan mungkin timbul dan untuk menyediakan kendaraan untuk pengembangan selanjutnya/pelaksanaan rekomendasi HAZOP Aksi desain atau modifikasi prosedural untuk mengurangi kejadian-kejadian berbahaya yang tidak diinginkan.

Sinergi Solusi Indonesia, anggota dari PROXSIS GROUP, mampu memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan K3 dalam penerapan HAZOP dan menjadi salah satu konsultan dan tenaga ahli utama danberpengaruh di Indonesia, sehingga dapat membantu perusahaan untuk menerapkan HAZOP ini untuk mengelola risiko-risiko dan meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi dan pendekatan dalam proses bisnis, pendekatan nilai tambah, pengelolaan perubahan. Serta menempatkan konsultan dan tenaga ahli yang memiliki “passion” dan berpengalaman dengan ide-ide kreatif sehingga terbukti keefektifan dan optimalisasinya dalam mensukseskan lebih dari 1000 perusahaan di Indonesia.

Download

Related Articles

Inquiry