Pantai Mawun, Selong Belanak, Pantai Usiran, Pantai Pasir, Air Terjun Tiup Kelep dan Desa Sasak siapa yang tidak tahu beberapa wisata pantai, air terjun dan desa yang terkenal dengan pesonanya tersebut? Ya, Nusa Tenggara Barat memiliki daya tarik magis untuk wisatawan yang menyukai pemandangan yang ditawarkan oleh kepulauan yang berada di timur Indonesia. NTB berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara.

 

Team Synergy foto bersama di Pantai MawunTeam Synergy foto bersama di Pantai Mawun

Team kami, Tri Utami Pramudyastuti, Isma Husni Rakhmawati,Tira Argianti Suswita dan Amriana tak lupa mengunjungi beberapa pantai yang terkenal dengan sejuta keindahannya. Antara lain Pantai Pasir, Tanjung Aan, Snorkeling di Pantai Pink (karena memiliki coral dan pasir berwarna pink), wisata Air Terjun Tiup Kelep yang berada di sekitar kaki Gunung Rinjani.

Pemandangan Tanjung Aan
Pemandangan Tanjung Aan

Bintang laut di Pantai Pasir
Bintang laut di Pantai Pasir

Air Terjun Jereweh menawarkan pemandangan yang sungguh menajubkan, pemandangan alami bebatuan beserta hijaunya dedauan dan air yang bening. Selain itu juga tempat wadah pada permukaan yang di jatuhi air terjun membentuk layaknya sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Biaya masuk tempat wisata cukup murah hanya sebesar Rp 5.000.

Keindahan Air Terjun Tiu Kelep
Keindahan Air Terjun Jereweh di Sumbawa

Pulau Lombok juga disebut dengan Pulau Seribu Masjid, Pulau Seribu “Maling”.  Tak heran, karena mayoritas masyarakat Pulau Lombok memeluk agama islam. Saat di Lombok masjid-masjid megah dan mewah akan dengan mudah dijumapai di setiap desa bahkan di setiap RW. Karakteristik masyarakat di Pulau lombok sangat disiplin, sebagai contohnya saat adzan, masyarakat Lombok berbondong-bondong mendatangi masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah. “Ramadhan kemarin saat Team Synergy kembali untuk laporan akhir PLN, menyaksikan acara besar yang dilaksanakan oleh Walikota dalam acara Nuzulul Qur’an” ujar Isma.

Salah satu icon dari Desa Sasak Sade Lombok
Salah satu icon dari Desa Sasak Sade Lombok

Keunikan Lombok lainnya adalah, menenun kain songket dengan cara tradisional dan menjadi ciri khas Lombok
Keunikan Lombok lainnya adalah, menenun kain songket dengan cara tradisional dan menjadi ciri khas Lombok

Tapi mengapa disandingkan dengan istilah “Seribu Maling?” karena dalam masyarakat Lombok terdapat suatu tradisi, kebiasaan, adat istiadat yang dimana apabila seorang pemuda yang akan menikahi seorang gadis pujaan hatinya maka ia terlebih dahulu harus membawa lari atau menculik gadis tersebut.

Selain tradisi dan eksotisme keindahan yang ditawarkan hal lainnya yang tak kalah menarik adalah beragamnya aneka kuliner Lombok. Kuliner Lombok yang paling terkenal adalah ayam taliwang, menurut Isma, ayam taliwang yang paling terkenal berada di dekat SMP 2 Mataram.

PT Sinergi Solusi Indonesia dengan Indonesia Environment Center berkesempatan mengunjungi Pulau Lombok dalam rangka bekerja sama membantu melakukan pemetaan dan mengevaluasi penerapan sistem manajemen K3, keamanan dan lingkungan di PLN yang berada di seluruh area NTB sambil meikmati keindahan Pulau Lombok. Proyek ini dimulai pada tanggal 14 Maret 2017 (pada saat Kick Off) dan selesai di bulan Mei 2017. Kick Off pendampingan ini dilaksanakan di kantor PLN Rayon Mataram dan dihadiri oleh perwakilan PLN dari masing-masing area yang ada di NTB.

Team Synergy bersama Staff PT PLN Sektor Pembangkit Lombok (PLTM Santong)
Team Synergy bersama Staff PT PLN Sektor Pembangkit Lombok (PLTM Santong)

Proyek Pemetaan dan Evaluasi Sistem Manajemen K3, Keamanan dan Lingkungan di PLN seluruh Area NTB ini mengacu kepada peraturan PP No. 50 Tahun 2012, PERKAPOLRI No. 24 Tahun 2007 dan ISO 14001:2015. Hasil keluaran dari proyek pemetaan ini berupa hasil penilaian terhadap kesesuaian standar dan rekomendasi dari tim konsultan untuk tindakan perbaikan yang dapat dilakukan sehingga PLN seluruh Area NTB bisa memenuhi persyaratan sistem manajemen sebagaimana yang dimaksud di PP No. 50 Tahun 2012, PERKAPOLRI No. 24 Tahun 2007 dan ISO 14001:2015. Kunci terpenting dari pelaksanaan Pemetaan dan Evaluasi dari seluruh PLN di Indonesia adalah bahwa PLN NTB telah menjadi trendsetter terhadap penerapan SMK3 se-Indonesia.