Salah satu bentuk pengakuan internasional yang dapat dibuktikan bahwa perusahaan telah menerapkan K3 di tempat kerjanya adalah memiliki sertifikat kelulusan berdasarkan standar ISO 45001:2018. Sertifikat tersebut merupakan lambang pengakuan dari pihak luar yang kredibel dan independen bahwa organisasi sudah menjalankan persyaratan di ISO 45001:2018 di tempat kerjanya. Standar ISO 45001 ini menggantikan peran dari standar OHSAS 18001:2007 yang sebelumnya berlaku secara internasional.

Selengkapnya...

Saat ini, konsumsi energi di dunia sedang meningkat drastis. Perlunya upaya organisasi atau perusahaan dalam mencapai keberlangsungan masa depan yang seimbang tanpa merusak lingkungan dan penggunaan energi melalui sistem manajemen energi yang baik dan tepat. Salah satu upaya tersebut dapat melalui penerapan sistem manajemen energi berdasarkan standar ISO 50001:2018 yang untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen energi. Penerapan sistem manajemen energi ini diharapkan mampu menjadi langkah untuk mengikuti pendekatan sistematis dalam mencapai peningkatan berkelanjutan kinerja energi. Selain itu, ISO 50001:2018 juga membantu perusahaan untuk mengurangi dampak lingkungan dalam upaya memenuhi target pengurangan emisi.

Selengkapnya...

Minyak dan gas bumi merupakan komoditas hasil tambang yang sangat penting peranannya bagi kehidupan manusia, terutama sebagai sumber energi. Hampir semua fasilitas yang dapat dinikmati manusia sekarang ini menggunakan minyak dan gas bumi sebagai bahan untuk menghasilkan energi. Mulai dari elpiji, bensin, solar, serta material seperti lilin paraffin dan aspal, dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk pembuatan plastic, karet sintetis, dan lainnya yang membutuhkan minyak dan gas bumi.

Selengkapnya...

migas

Minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber daya bagi manusia, termasuk masyarakat Indonesia. Keduanya masuk dalam energi tak terbarukan, artinya akan habis karena seringnya pemakaian atau tingkat konsumsi manusia.

Selengkapnya...