Berita K3

Dewasa ini kolaborasi menjadi langkah penting dalam meningkatkan budaya Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Proses kolaborasi di bidang K3 masih terus digalakkan melihat banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi saat ini.

Menurut Kartika Putri, Business Manager dari ISC Safety School-Synergy Solusi. Saat ditemui di acara Puncak Bulan K3 Nasional 2019 (25/2), dalam meningkatkan awareness (kesadaran) butuh peran dari seluruh karyawan untuk menjaga dan menjujung tinggi budaya K3.

"Pelaksanaan K3 sangat erat kaitannya dengan karyawan yg terlibat dalam proses bisnis dalam perusahaan, mulai dari top management hingga pekerja lepas yang terlibat dalam proses tersebut. Oleh karena itu kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menjaga agar proses bisnis di setiap lini dapat berjalan sesuai dengan sistem tanpa adanya kecelakaan di lingkungan kerja", ujar Kartika.

Di waktu yang bersamaan Djoko Murjatmodjo Director of Engineering & Operation PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan bahwa kolaborasi perusahaan dengan stakeholder lain merupakan salah satu perwujudan kolaborasi sistem manajemen keselamatan perusahaan.

"PT Angkasa Pura II (Persero) melihat tanpa adanya kolaborasi dan integrasi di sistem keselamatan antara PT Angkasa Pura dengan instansi atau stakeholder (pemangku kepentingan), mustahil sistem keselamatan bekerja secara efektif dan efisien", ucap Djoko saat memberikan sambutan di acara puncak Bulan K3 Nasional 2019 di PT Angkasa Pura II.

PT Angkasa Pura II dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sudah melakukan upaya dalam menekan terjadinya kecelakaan kerja. Hal tersebut dapat dilihat turunnya tingkat kecelakaan di lingkungan kerja PT Angkasa Pura II (Persero) dari yang sebelumnya 44,06% di tahun 2017 menjadi 29% di tahun 2018.

"Pencapaian yang patut disyukuri ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun 2019. Disegala level bagian akan memberikan sumbangsih berarti bagi menekan kecelakaan kerja", tambah Djoko.

Kegiatan pameran puncak Bulan K3 Nasional 2019 ini berlangsung dari tanggal 25-26 Februari 2019 di PT Angkasa Pura II Persero. Bulan K3 Nasional 2019 mengusung tema "Safety Excellence for World Class Company".