Berita K3

Synergy Solusi mendukung terlaksanannya implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Provinsi DKI Jakarta. Sebagai lembaga training dan consulting terkemuka, Synergy Solusi melihat pelaksanaan K3 di Lingkungan Fasyankes ini harus lebih dimaksimalkan.

Jika melihat lingkup dari Fasyankes yang cukup luas, seperti rumah sakit, puskesmas dan laboratorium dimana lingkungan tersebut memiliki potensi bahaya yang tinggi dari sisi pencemaran kesehatan wajib memiliki strategi dalam implementasi K3.

Isma Husni Rakhmawati, Safety Expert dan Business Manager Synergy Solusi menyampaikan beberapa poin strategi dalam implementasi K3 salah satunya pemenuhan regulasi dalam bentuk peningkatan kompetensi terhadap personil maupun pemenuhan peraturan dalam bentuk lainnya yang dijalankan secara sistematis.

"Tentu saja dengan didukung pelatihan dan sosialisasi implementasi K3 ini memiliki strategi kepada personil berupa pelatihan K3 atau sosialisasi", ujar Isma Husni, saat ditemui menjadi pembicara di Workshop Implementasi Kesehatan Kerja Fasyankes, di Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta, Rabu (20/2).
Selain itu program K3 di Fasyankes dapat berjalan jika bersinergi dengan program lain yang ada di lingkup kerja Fasyankes.

"Program K3 di Fasyankes harus saling bersinergi dengan program lain seperti air dan sanitasi tentu saja harus bekerjasama dengan sanitarian dan kesling. Begitu juga limbah. Perlu ada sinergi dibidang K3 dengan program-program yang ada".

Oleh karena itu K3 harus menjadi budaya dan karakter bagi setiap perusahaan dan menjadi komitmen manajemen. Karena dikatakan perusahaan yang berhasil jika budaya K3 di tempat kerja dapat berjalan sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.