Berita K3

Setiap aktivitas atau proses pekerjaan yang dilakukan di tempat kerja mengandung resiko untuk terjadinya kecelakaan kerja (ringan sampai dengan berat). Berbagai upaya pencegahan dilakukan supaya kecelakaan tidak terjadi. Selain itu,keterampilan melakukan tindakan pertolongan pertama tetap diperlukan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

First Aid atau pertolongan pertama sebuah tindakan awal yang dilakukan untuk menghadapi kondisi yang membutuhkan tindakan darurat. Diharapkan dengan adanya pertolongan pertama, dapat menyelamatkan kondisi seseorang dari hal yang lebih fatal lagi atau hal yang tidak kita inginkan. Maka dari itu perusahaan membutuhkan First Aiders memberikan pertolongan pertama di lingkungan kerja. Untuk itu Grab yang merupakan platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara dimana terdapat layanan ojek (GrabBike) telah melakukan training First Aider didampingi oleh ISC Safety School member of Proxsis dan diselenggarakan di Lakespra.

Pedoman ini dirancang untuk menunjukan kerangka kerja untuk penyediaan pertolongan pertama yang telah ada di lingkungan perusahaan selama bertahun-tahun. Kerangka kerja ini akan membantu perusahaan untuk mematuhi Peraturan. Cakupan mengenai first aiders adalah:

  1. appointed person (AP)
  2. emergency first aid at work (EFAW)
  3. first aid at work (FAW)
  4. additional training

Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan beberapa dari kerangka kerja tersebut dan menggunakan alternatif lain untuk menunjukkan kepatuhan dan kebutuhan perusahaan anda. Dari pedoman ini, diberlakukan sama untuk tingkat pelatihan yang anda pilih.
Seorang First Aider harus  memiliki sertifikat kompetensi yang sah seperti:

  1. pertolongan pertama di tempat kerja
  2. pertolongan pertama darurat di tempat kerja
  3. setiap tingkat lain dari pelatihan atau kualifikasi yang sesuai dengan keadaan

Perusahaan dapat menilai tingkatan kebutuhan yang sesuai untuk dilakukan pelatihan bagi first aiders

  1. Emergency first aid at work (EFAW) training, memungkinkan first aider untuk memberikan pertolongan pertama darurat kepada seseorang yang celaka secara sementara di tempat kerja.
  2. First aid at work training includes the EFAW, first aiders menerapkan pertolongan pertama untuk berbagai cedera dan penyakit tertentu.

Untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mereka mengenai first aid, sangat disarankan first-aiders harus melakukan pelatihan tahunan.

Berapa banyak perusahaan membutuhkan First Aiders?

Berdasarkan hasil penilaian, perusahaan dapat memutuskan berapa banyak management membutuhkan first aiders. Tidak ada aturan baku terkait dengan jumlah spesifik yang mereka butuhkan dan pertimbangkan, semua bergantung pada keadaan yang relevan dari tempat kerja. Untuk informasi training First Aid, silakan klik laman berikut.