Berita K3

Bulan Puasa yang biasa dikenal Bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti oleh umat Islam. Karena di bulan yang mulia inilah umat Islam berlomba-lomba untuk beramal, beribadah dan menahan nafsu agar mendapatkan ridha-Nya, salah satunya diwajibkan untuk menahan dahaga ketika haus melanda. Seringkali tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air minum. Namun, jika kondisinya sedang berpuasa, tentu saja kita tidak dapat melakukannya hingga waktu berbuka.

Maka hal tersebut, sangat penting untuk menjaga kandungan cairan dalam tubuh selama puasa. Karena efek dehidrasi tidak hanya membuat haus dan tenggorokan kering, namun juga akan mengurangi konsentrasi berfikir yang menimbulkan tidak fokus.

Agar puasa tetap lancar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi hebat, simak beberapa tips & trik berikut untuk menyiasatinya.

1. Konsumsi sup saat sahur
Ketika sedang bersantap sahur disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berkuah, seperti sup. Sup adalah makanan yang sangat baik untuk bersantap sahur. Menu ini dapat membantu mencegah dehidrasi saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan sup pada umumnya mengandung banyak air. Mengonsumsi sup hangat saat sahur dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu sayuran yang terkandung dalam sup juga mengandung mineral yang tinggi.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka ataupun melon. Menurut para ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah saat berpuasa. Karena memperbanyak konsumsi dua makanan ini dapat membantu tubuh menyimpan banyak cairan dan mineral untuk mencegah dehidrasi.

3. Tambahkan sepotong lemon dalam minuman
Mengkomsumsi  2 liter air atau 8 gelas dalam sehari dapat membantu mencegah dehidrasi. Namun saat sahur kita tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Maka untuk menyiasati hal terserbut yang dapat kita lakukan adalah dengan menambahkan lemon dalam minuman yang diminum. Selain itu lemon dapat menambah kesegaran minuman.

4. Jangan Minum Jus Buah Kemasan
Pada umumnya, orang-orang lebih menyukai sesuatu hal yang berhubungan dengan kata “praktis”. Terlebih lagi untuk pemilihan minuman ketika Bulan Puasa, kita lebih memilih untuk meminum minuman yang praktis, salah satunya adalah jus buah kemasan. Jus kemasan banyak dipilih karena menawarkan kepraktisan. Namun, sebaiknya anda tetap mengkonsumsi jus buah segar karena lebih menyehatkan, Jus buah kemasan kemungkinan mengandung gula yang tinggi sehingga membuat tubuh anda lebih cepat haus.

5. Perbanyak Konsumsi Vitamin C
Kurangnya asupan mineral dalam tubuh tentunya dapat mengakibatkan tubuh terasa lemas dan lesu. Minum berlebih ketika sahur dan berbuka puasa dapat mengakibatkan perut terasa kembung. Untuk menyiasati hal tersebut, maka disarankan untuk mengonsumsi vitamin C. Vitamin C terbukti ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh dan menjauhkan Anda dari rasa haus saat berpuasa. Hal ini disebabkan vitamin C dapat menyegarkan tubuh dan mencegah dehidrasi

6. Hindari Telur Asin
Beberapa orang memilih makanan asin untuk dijadikan sebagai lauk ketika makan sahur. Salah satunya adalah telur asin. Namun ternyata, telur asin tersebut dapat membuat air cepat keluar dari sel lho. Sehingga tubuh cepat sekali kehilangan cairan dan akibatnya dehidrasi. Maka dari itu agar puasa lancar dan tidak mudah haus disarankan mengurangi makanan tinggi kadar garam.

7. Hindari Teh Saat Sahur
Mengonsumsi teh ketika sahur memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun hal tersebut ternyata kurang dianjurkan karena teh dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga bisa menyebabkan cepat haus ketika puasa, lho!. Hal ini dikarenakan teh mengandung senyawa diuretik (peluruh kencing) yang dapat memicu buang air kecil sehingga cairan tubuh cepat berkurang dan mengakibatkan dehidrasi.

Penulis: Berta Destiana Putri-Konsultan HSE

Referensi:
http://health.detik.com/healthypedia/50caratahanlapardanhaussaatpuasa#p21
http://ramadan.liputan6.com/read/2976057/5-cara-hindari-dehidrasi-selama-bulan-puasa