Berita K3

Berita K3

Ketersediaan sumber daya untuk melindungi seluruh aset dari kebakaran adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh perusahaan. Mulai dari sarana dan prasaranan seperti tim penanggulangan kebakaran, layout ruangan, perijinan instalasi, kelistrikan, hingga seluruh sistem proteksi kebakaran baik aktif maupun pasif. Proteksi kebakaran secara aktif dapat berupa alat maupun instalasi yang disiapkan untuk mendeteksi dan atau memadamkan kebakaran. Beberapa contoh sarana proteksi kebakaran aktif yang sering digunakan antara lain, detektor asap, api maupun panas, alarm kebakaran otomatis maupun manual, tabung pemadam/APAR (Alat Pemadam Api Ringan), sistem hydrant, dan sistem sprinkler.

Selengkapnya...

Proteksi kebakaran aktif dan pasif | Kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia untuk tunduk pada perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 186 tahun 1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran, seorang pemimpin wajib mencegah, melakukan mitigasi kebakaran dan memadamkannya, serta melakukan latihan penanggulanggan kebakaran di tempat kerja. Salah satunya adalah pembentukan tim penanganan dan ketersediaan peralatan standar yang bisa berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

Selengkapnya...

Transisi Energi | Penggunaan energi listrik merupakan hal yang sangat krusial bagi manusia. Sebelumnya sumber energi yang digunakan adalah sumber-sumber energi yang tidak terbarukan. Fakta mencengangkan didapat dari hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Global Energy Monitor, di mana sejak tahun 1985 sampai dengan tahun 2017, dihimpun sumber terbesar yang digunakan sebagai energi listrik adalah batu bara, diikuti dengan gas bumi, minyak bumi dan terakhir dihuni oleh tenaga surya, angin dan panas bumi.

Selengkapnya...

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Susunan dari mineral dan bahan organik ini tanah atau bumi memiliki massa dan volume yang sangat besar sehingga bisa menetralkan adanya muatan listrik yang sangat besar sekalipun itu petir. Dikutip dari panduanteknisi.com, tanah mampu menetralkan muatan listrik hingga 200.000A dan tegangan 120.000V.

Selengkapnya...

Stress kerja dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya produktivitas pekerja. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat mengendalikan faktor psikologi untuk menjaga kesehatan psikis setiap pekerja. Bekerja berarti berhadapan dengan berbagai tantangan, tekanan, dan beban kerja. Wajar rasanya, para pekerja mengalami stres namun reaksi terhadap stres tersebut menjadi yang paling penting. Terlebih lagi banyaknya potensi bahaya seperti ketidakjelasan/ketaksaan peran, konflik peran, beban kerja berlebih secara kualitatif, beban kerja berlebih secara kuantitatif, pengembangan karir; dan/atau tanggung jawab terhadap orang lain. 

Selengkapnya...

Sub Kategori