Berita K3

Sejarah forklift pertama kali diawali pada tahun 1906, Pennsylvania Railroad memperkenalkan sebuah platform untuk baterai sebuah truk sebagai alat untuk memindahkan barang. Platform tersebut bernama forklift alias lift truck sebagai kendaraan alat berat yang banyak digunakan dan diciptakan untuk transportasi dan mengangkut material.

Selengkapnya...

Apapun jenis pekerjaan seseorang, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan suatu hal yang harus mendapatkan perhatian lebih. Risiko pekerjaan selalu ada dengan bentuk yang berbeda-beda. Seperti pekerjaan di ruang terbatas atau confined space yang memiliki risiko K3 sangat tinggi. Potensi bahaya yang ada pada saat bekerja di ruang terbatas sangat beragam macamnya. . Di antaranya kekurangan oksigen, gas yang mudah terbakar bahkan meledak, lantai licin, suhu ekstrem, gas beracun, dan lain sebagainya.

Selengkapnya...

Sepanjang tahun 2019, BNPB mencatatkan kenaikan angka kebakaran jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari kebakaran di pemukiman, gedung perkantoran, industri, lahan, maupun hutan. Kerugian tidak hanya secara material tetapi juga kerugian secara moril. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengenal alat pemadam kebakaran.

Selengkapnya...

zat kimia yang berbahaya

Keberadaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dihindarkan. Penggunaannya sangat luas, untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Bahan kimia memiliki fungsi dan manfaat yang baik jika paham dan tepat dalam menggunakannya. Namum, keberadaaannya dapat membahayakan jika dalam jumlah yang banyak dan tidak tepat.

Selengkapnya...

Seperti yang kita tahu, selain lift dan escalator gedung-gedung bertingkat selalu dilengkapi pula dengan tangga darurat . Keberadaannya pun dianggap penting dan telah diatur fungi dan letaknya melalui Peratuan Menteri Pekerjaan Umum Nomor:26/PRT/M/2008. Tangga darurat atau emergency exit ini biasanya digunakan sebagai pintu evakuasi apabila dalam gedung tersebut terjadi kecelakaan.

Selengkapnya...

Sub Kategori