Berita K3

Simak Update Terbaru Tentang ISO 45001

ISO 45001 adalah sebuah standar internasional baru untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3 / OH&S). ISO 45001 didasarkan pada ISO Guide 83 (“Annex SL”) yang menetapkan struktur tingkat tinggi yang umum, teks dan istilah serta definisi umum  untuk sistem manajemen (misalnya ISO 9001 , ISO 14001, dll.). Struktur ini bertujuan untuk memfasilitasi proses implementasi dan integrasi beberapa sistem manajemen secara harmonis, terstruktur dan efisien.

Draft Pertama  ISO 45001 gagal mendapatkan persetujuan oleh panitia melalui pemungutan suara pada 12 Februari sampai 12 Mei 2016 yang ditutup dengan hasil 71 persen menyetujui dan 29 menolak. Draft Pertama juga menampung lebih dari 3.000 komentar selama pemungutan suara yang dibahas lebih lanjut dalam pertemuan selanjutnya. Perkembangan ISO 45001 sekarang akan maju ke Draft kedua Standar Internasional dengan publikasi akhir diharapkan pada semester kedua 2017.

Selengkapnya...

Perbedaan ISO 45001 dan OHSAS 18001

ISO 45001 adalah sebuah standar internasional baru untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3 / OH&S), yang akan segera menggantikan standar OHSAS 18001. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? ISO 45001  adalah standar SMK3 yang dirancang oleh Komite proyek ISO). Terdapat  sejumlah perbedaan antara ISO 45001  dan OHSAS 18001. Beberapa perbedaan utama antara keduanya adalah sebagai berikut:

Selengkapnya...

Bolehkah Mengkonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka?

Saat ini, umat Muslim dunia melaksanakan ibadah puasa Ramadhan termasuk umat muslim di Indonesia.

Bagi pecinta kuliner pedas, tak nikmat rasanya makan tanpa tambahan sambal atau cabai. Tapi bagaimana bila bulan Ramadhan? Sehatkah tetap mengkonsumsi makan makanan pedas saat perut kosong ketika berbuka puasa atau sahur?

Selengkapnya...

Dehidrasi Ketika Bulan Puasa? Ini Tipsnya!

Bulan Puasa yang biasa dikenal Bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti oleh umat Islam. Karena di bulan yang mulia inilah umat Islam berlomba-lomba untuk beramal, beribadah dan menahan nafsu agar mendapatkan ridha-Nya, salah satunya diwajibkan untuk menahan dahaga ketika haus melanda. Seringkali tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air minum. Namun, jika kondisinya sedang berpuasa, tentu saja kita tidak dapat melakukannya hingga waktu berbuka.

Selengkapnya...

Pentingnya Pendidikan Siaga Bencana untuk Para Siswa di Sekolah

Rasanya kurang lengkap jika bulan Mei-Juni ini kita lewatkan tanpa sebuah bahasan tentang kata “PENDIDIKAN”. Saat ini alokasi dana pendidikan dari pemerintah adalah sebesar 20% dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), tetapi perhatian pemerintah masih minim terkait Pendidikan Siaga Bencana di sekolah. Padahal beberapa negara lain sudah memasukkan Pendidikan Siaga Bencana ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah diantaranya adalah Bangladesh, Iran, India, Mongolia, Filipina, Turkey dan Tonga.

Selengkapnya...