Berita K3

Dehidrasi Ketika Bulan Puasa? Ini Tipsnya!

Bulan Puasa yang biasa dikenal Bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti oleh umat Islam. Karena di bulan yang mulia inilah umat Islam berlomba-lomba untuk beramal, beribadah dan menahan nafsu agar mendapatkan ridha-Nya, salah satunya diwajibkan untuk menahan dahaga ketika haus melanda. Seringkali tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air minum. Namun, jika kondisinya sedang berpuasa, tentu saja kita tidak dapat melakukannya hingga waktu berbuka.

Selengkapnya...

Bolehkah Mengkonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka?

Saat ini, umat Muslim dunia melaksanakan ibadah puasa Ramadhan termasuk umat muslim di Indonesia.

Bagi pecinta kuliner pedas, tak nikmat rasanya makan tanpa tambahan sambal atau cabai. Tapi bagaimana bila bulan Ramadhan? Sehatkah tetap mengkonsumsi makan makanan pedas saat perut kosong ketika berbuka puasa atau sahur?

Selengkapnya...

Mau Tetap Fit dan Segar Selama Puasa?

Bulan Ramadhan telah tiba, Bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala serta banyak keutamaan daripada bulan-bulan lainnya harus kita sambut dengan semangat ibadah. Meskipun perut kosong sejak pagi hingga menjelang maghrib, jangan menjadikan aktivitas, terutama amalan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini terlewatkan dengan sia-sia.

Selengkapnya...

Pentingnya Pendidikan Siaga Bencana untuk Para Siswa di Sekolah

Rasanya kurang lengkap jika bulan Mei-Juni ini kita lewatkan tanpa sebuah bahasan tentang kata “PENDIDIKAN”. Saat ini alokasi dana pendidikan dari pemerintah adalah sebesar 20% dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), tetapi perhatian pemerintah masih minim terkait Pendidikan Siaga Bencana di sekolah. Padahal beberapa negara lain sudah memasukkan Pendidikan Siaga Bencana ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah diantaranya adalah Bangladesh, Iran, India, Mongolia, Filipina, Turkey dan Tonga.

Selengkapnya...

Si Manis yang Penuh Manfaat

Kurma merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix dengan nama latin Phoenix dactylifera L. Tanaman ini diduga berasal dari dataran Mesopotamia, Palestina atau sekitar Afrika bagian Utara (Maroko) sekitar 4000 tahun sebelum Masehi dan tersebar ke kawasan Mesir, Afrika Asia Tengah dan sekitarnya sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Menurut cerita Yunani kuno, asal muasal nama latin dari kurma (Phoenix) berasal dari mitologi burung api yang perkasa berasal dari Timur Jauh (far east), dimana bentuk fisik dari tanaman ini menyerupai sayap-sayap dari burung api yang diceritakan. Pada jaman kekuasaan Fir’aun (Pharao) Mesir, kurma telah mendapatkan tempat penting di masyarakat karena seluruh bagian dari tanaman ini dapat berguna.

Selengkapnya...