Berita K3

Jasa konstruksi adalah industri dengan bahaya tinggi yang terdiri dari berbagai kegiatan yang melibatkan konstruksi, perubahan, dan / atau perbaikan. Contohnya termasuk konstruksi perumahan, pembangunan jembatan, pengaspalan jalan, penggalian, penghancuran, dan pekerjaan pengecatan dengan skala besar. Pekerja konstruksi terlibat dalam banyak kegiatan yang dapat menghadapkan mereka dengan bahaya yang serius, seperti jatuh dari atap, mesin yang tidak dijaga, terkena peralatan konstruksi berat, listrik, debu silika, dan asbes. Dalam pelaksanaan pekerjaan sering timbul kecelakaan kerja. Untuk itu penerapan Sistem Manajemen K3 dalam industri jasa konstruksi sangatlah penting.

Selengkapnya...

The future is calling! Akhirnya, ISO 45001:2018 telah terbit pada 12 Maret 2018 kemarin. Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui apa itu ISO 45001, kita kan ulas sedikit dalam artikel ini. Standar ini merupakan pedoman dalam pelaksanaan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dengan menyediakan serangkaian proses yang kuat dan efektif untuk meningkatkan kinerja K3 di tempat kerja. ISO 45001:2018 ini juga dirancang untuk membantu organisasi dari semua ukuran dan industri, yang diharapkan dapat mengurangi kecelakaan dan penyakit di tempat kerja di seluruh dunia.

Selengkapnya...

Tingginya jumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang berdampak pada aktivitas potensi risiko keselamatan di sisi udara maka diperlukan upaya untuk menumbuhkan kepedulian petugas akan pentingnya keselamatan operasional penerbangan. Guna mengendalikan dan meminimalisir potensi risiko yang dapat membahayakan operasional pesawat udara dengan mengusung tema Airports Grow Faster Ramp Safety Campaign 2018 menjadi salah satu sarana pertukaran informasi dan kepedulian lintas instansi.

Selengkapnya...

Penyampaian materi oleh Fahmi Munsah Ismail, S.T., M.B.A


PT PLN (Persero) menyelenggarakan Bulan K3 Nasional 2018 dengan tema “Bekerja Aman, Sehat dan Selamat” dalam upaya menciptakan K3 di lingkungan di PT PLN (Persero) Distribusi Banten. Kegiatan ini ditujukan untuk menjalin silahturahmi dengan tokoh masyarakat setempat, oleh karena itu PT PLN (Persero) mengundang depnaker, salah satu universitas, dan mitra kerja. PT PLN (Persero) yang silahturahmi ini dirasa perlu dilakukan agar meningkatkan awareness terhadap kesehatan dan keselamatan kerja.

Selengkapnya...

Dalam penerapan sistem manajemen K3 di perusahaan, salah satu tahap perencanaan (Plan) yang harus dilakukan adalah melakukan identifikasi bahaya penilaian resiko dan penetapan pengendalian di tempat kerja. Hal tersebut diwajibkan dalam standar OHSAS 18001:2007 klausul 4.3.1 maupun standar PP No. 50 Tahun 2012 klausul 2.1.1-2.13 terkait sistem manajemen keselamatan kerja.
Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan identifikasi bahaya penilaian resiko dan penetapan pengendalian di tempat kerja yang kami tuangkan ke dalam infografik:



Sub Kategori