Berita K3

Selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, beberapa pengunjung menjadi korban dari kejadian yang terjadi Senin siang (15/01). Terpantau dari kamera pengawas CCTV disekitar lokasi terlihat jelas selasar gedung tidak mampu menampung sejumlah orang. Diperkirakan sekitar 50 orang berdiri di atas selasar, merupakan mahasiswa Bina Darma Palembang yang sedang melakukan study tour.

Selengkapnya...

Peringatan Hari K3 tahun 2018 ini merupakan tahun keempat bagi bangsa Indonesia yang secara terus menerus berjuang, berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mewujudkan "Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020". Sedangkan tema pokok Bulan K3 Tahun 2018 ini adalah "Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter”.

Selengkapnya...

Penilaian risiko kebakaran dirancang untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kebakaran dengan mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko kebakaran di dalam gedung. Namun, tidak hanya memeriksa struktur bangunan itu sendiri, tapi isi bangunan, tata letak, dan penggunaan bangunan. Bagaimana penggunaan bangunan tersebut mempengaruhi risiko kebakaran? Berapa banyak orang yang ada di dalam gedung? Bagaimana mereka akan selamat jika terjadi kebakaran? Langkah apa yang harus diambil untuk meminimalisir bahaya?

Selengkapnya...

Beberapa waktu lalu masyarakat dihebohkan dengan jatuhnya parapet atau beton pembatas untuk proyek MRT di Jalan Wijaya, Jakarta dan menimpa pengendara motor. Kronologi terjadi pukul 20.50 WIB ketika material OCS Parapet dengan berat 3 ton mulai diangkat dengan Truck Mounted Crane untuk dipasang di jalur kereta layang.

Namun saat pengangkatan parapet itu berada di ketinggian 20 sentimeter dan melakukan pemindahan, tiba-tiba kondisi boom (lengan crane) goyang. Operator gagal mengontrol posisi boom, akibatnya boom memanjang hingga radius melebihi yang seharusnya sampai dengan 8 meter. (www.cnnindonesia.com)

Selengkapnya...